Tips Merawat Rambut Agar Selalu Sehat dan Berkilau

Menjaga dan merawat rambut menjadi sebuah keharusan yang perlu untuk anda lakukan, tips merawat rambut agar selalu sehat dan berkilau ini menjadi salah satu bentuk perawatan yang dapat anda lakukan. Bukan hanya mampu mencegah terjadinya kerusakan terhadap rambut indah anda, namun dapat pula memperbaiki kerusakan terhadap rambut anda agar rambut selalu sehat dan berkilau secara alami.

Berikut ini beberapa tips merawat rambut agar selalu sehat dan berkilau yang perlu anda cermati agar rambut anda tetap terjaga kesehatannya sepanjang hari.

Lakukanlah trim atau merapikan rambut anda setiap 2 atau 3 bulan sekali, hal ini bertujuan untuk membuang bagian ujung tambut yang bisa saja kering bahkan terjadinya pecah-pecah. Melakukan triming ini bertujuan juga agar gaya rambut anda tetap terjaga sehingga kesan rapi akan tetap terlihat pada rambut anda.

Pergunakanlah shampo yang sesuai dengan jenis rambut yang anda miliki, terlebih lagi pada rambut yang sebelumnya anda warnai sebaiknya gunakan shampoo yang dikhususkan bagi rambut yang telah diwarnai agar rambut tetap terjaga kesehatannya. Hal yang sebaiknya anda tidak lakukan adalah jangan menggosokan rambut terlalu keras disata keramas,hal ini dapat menyebabkan kerusakan terhadap rambut terutama pada bagian ujungnya sehingga beresiko rambut menjadi lebih mudah bercabang dan pecah-pecah. Hindari pula keramas dalam intensitas yang terlalu sering, cukup lakukan 2 atau 3 hari sekali agar formaula yang ada pada shampoo tersebut tidak mengikis rambut anda.

Selalu membiasakan menggunakan conditioner setelah selesai keramas, penggunaan conditioner ini bertujuan agar rambut tetap terjaga kelrmbabannya. Pilihlah jenis conditioner yang disesuaikan dengan jenis rambut yang anda miliki. Utamakan bagian ujung rambut disaat anda mengenakan conditioner untuk menutrisi bagian ujung rambut sehingga tidak mudah pecah-pecah. Sebaiknya hindari penggunaan conditioner yang terpisah dari shampoo, memang cara ini terbilang tidak praktis namun dapat memberikan manfaat yang baik bagi rambut anda.

Ketika menyisir rambut sebaiknya gunakanlah sisir yang bergerigi jarang untuk mengurangi kerusakan rambut anda.

Jika memang terpaksa anda mengenakan pengering rambut, sebaiknya lakukan dengan menjaga jarak antara rambut dengan pengering tersebut dan juga atur pengering tersebut pada suhu yang tidak terlalu panas.

Kurangi penggunaan dari berbagai macam produk untuk rambut yang bisa merusak bahkan membahayakan kesehatan rambut anda. Penggunaan produk untuk rambut ini bisa memicu kerusakan yang cukup parah bagi rambut anda sehingga rambut terlihat kusam dan tidak berkilau.

Hindari rambut anda dari kaporit, air yang memiliki kandungan kaporit ini dapat pula merusak rambut anda dan menyebabkan rambut kering dan peach-pecah. Sebaiknya setelah anda renang bersihkan rambut anda dengan benar untuk menjaga rambut tetapt sehat.

Bila diperlukan anda dapat menggunakan beberapa vitamin untuk menjaga kesehatan rambut anda. Selain itu anda juga dapat memanfaatkan bahan alami seperti buah dan sayuran yang dapat menutrisi rambut anda sehingga tetap menjaga kesehatan rambut dan mencegahnya terjadi dari kerusakan.

Dengan tips merawat rambut agar selalu sehat berkilau ini semoga rambut anda tetap terjaga kesehatannya dan terbebas dari berbagai macam masalah rambut yang mengganggu penampilan anda sehari-hari.

 

Most Reading