Cara Menjaga Kesehatan Rambut

Anda tentunya menginginkan rambut yang sehat, bagaimana cara menjaga kesehatan rambut agar tetap sehat. Cara menjaga kesehatan rambut harus anda perhatikan dalam hal perawatannya agar selalu terhindari dari berbagai macam masalah rambut. Rambut rontok, rambut kering, rambut bercabang serta masalah rambut lainnya pastinya akan muncul pada rambut anda jika anda tidak mengetahui tentang bagaimana cara menjaga kesehatan rambut.

Cara menjaga kesehatan rambut tentunya tidak terlalu sulit untuk anda lakukan jika secara rutin anda melakukan dengan serius. Bagaimanapun juga rambut harus tetap kita jaga kesehatannya bukan hanya tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Dengan melakukan kegiatan atau hal-hal yang dapat anda lakukan dengan mudahnya dapat anda jaga kesehatan rambut anda diantaranya yaitu

Membersihkan rambut
Bersihkanlah selalu rambut anda dari berbagai macam kotoran yang hinggap pada rambut, dengan selalu menjaga kebersihan ramabut tentunya akan tetap terjaga dan terhindari dari berbagai macam kotoran yang membuat rambut tidak sehat. Cuci rambut anda minimal dua kali dalam sehari dengan menggunakan shampoo yang cocok bagi anda, jangan lupa gunakan coditioner dan berilah nutrisi untuk rambut anda agar tetap terjaga kesehatannya.

Pilihlah shampoo yang tepat bagi rambut anda
Usahakan kenali betul jenis rambut yang anda miliki, jangan asal menggunakan shampoo. Jika anda salah menggunakan shampoo untuk perawatan rambut anda maka dikhawatirkan akan menyebabkan rambut rusak dan berketombe, serta yang lebih parah lagi dapat mengakibatkan infeksi pada kulit kepala anda.

Gunakan sisir yang tepat
Untuk menghindari rambut rontok bahkan bercabang ada baiknya anda menggunakan sisir yang tepat untuk menata rambut anda, gunakan sisir yang bergerigi jarang ketika anda menyisir rambut anda. Pada saat menyisir rambut hendaknya jangan menyisirnya ketika rambut dalam keadaan masih basah, menyisir rambut ketika masih basah akan menyebabkan rambut rontok hingga bercabang.

Rapikan rambut
Gunting rambut anda secara rutin dengan menggunting bagian ujungnya saja atau dengan mengganti model rambut anda. Menggunting bagian ujung rambut secara rutin bertujuan agar terhindar dari rambut bercabang.

Konsumsi makanan bergizi
Perhatikan pola makan anda, usahakanlah dengan membiasakan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Secara tidak langsung nutrisi yang terdapat pada makanan sehat dan bergizi mampu memberikan nutrisi untuk rambut anda. Mulai tinggalkan konsumsi makanan yang tidak sehat. Perbanyaklah minum air putih setiap hari.

Jauhkan dari sinar matahari
Bagi anda yang sering beraktifitas diluar ruangan tentunya sengatan matahari menjadi faktor utama penyebab rusaknya rambut anda gunakan pelindung atau penutup kepala agar terhindar dari sengatan sinar matahari yang mampu menyebabkan kerusakan pada rambut anda.

Proses mengeringkan rambut
Perhatikan proses pengeringan rambut ketika selesai keramas atau mencuci rambut anda, jangan menggunakan hairdryer ketika mengeringkan rambut biarkan rambut mengering secara alami dengan cukup mengurai rambut anda dan cukup diangin-anginkan saja. Hindari penggunaan alat-alat penataan rambut untuk menghindari rusaknya rambut anda.

Demikianlah cara menjaga kesehatan rambut yang dapat anda lakukan sebagai perawatan menjaga kesehatan rambut anda. Bukankah rambut yang indah dan sehat menjadi dambaan siapa saja? Mulailah membiasakan diri dan menjadwalkan dengan rutin dalam merawat rambut.

 

Most Reading