Tips Merawat Rambut Kering


Anda memerlukan perawatan untuk rambut kering? Mencari tips merawat rambut kering yang anda miliki dengan mudah dan sederhana? Pada tips kali ini kita akan membahas mengenai cara merawat rambut kering agar tetap nampak indah dan sehat melalui perawatan yang dapat anda lakukan sendiri dirumah sambil mengisi waktu luang anda.

Rambut kering tentunya akan mengurangi penampilan anda jika anda kurang memperhatikan betul tentang bagaimana cara merawat rambut kering. Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk perawatan rambut kering adalah melalui perawatan rutin yang dengan mudah dapat anda lakukan sendiri.

Sebelum kita membahas mengenai cara merawat rambut kering ada baiknya anda mengetahui apa yang menyebabkan rambut menjadi kering. Bisa jadi rambut yang kering diakibatkan karena salahnya pemahaman anda mengenai cara merawat rambut dan kurang mengerti akan perawatan rambut yang harus anda lakukan terhadap jenis rambut yang anda miliki. Faktor yang menyebabkan rambut kering dan kusam bisa dikarenakan terlalu seringnya anda menggunakan alat kecantikan atau bahan-bahan kimia terhadap rambut anda atau bahkan rambut kering juga dapat diakibatkan karena terlalu seringnya anda berkeramas. Faktor utama yang menyebabkan rambut kering adalah dengan penggunaan alat kecantikan atau alat-alat perawatan rambut seperti pengering rambut yang menimbulkan panas, penggunaan pengering rambut tersebut akan mengurangi kelembaban alami yang seharusnya tetap berada pada rambut anda.

Menjaga kebersihan rambut menjadi keharusan yang mutlak dalam perawatan terhadap rambut anda, namun dengan terlalu seringnya anda menggunakan shampoo disaat keramas tentunya dapat menyebabkan kerusakan ataupun mengarah kepada rambut menjadi kering. Tidak sedikit bahan yang terdapat pada shampoo ternyata memiliki kandungan detergen yang cukup tinggi. Bahan kimia seperti detergent pada shampoo dapat mengakibatnkan hal yang serupa pada penggunaan beberapa alat kecantikan rambut, yaitu dapat mengikis zat alami yang dihasilkan oleh rambut yang berguna untuk melembabkan rambut anda secara alami. Seringnya berganti jenis shampoo juga dapat memicu rambut menjadi kering.

Faktor lain yang menyebabkan rambut anda menjadi kering yaitu akibat pengaruh dari sinar matahari yang berlebihan. Bagi anda yang sering beraktifitas diluar ruangan tentunya harus mengetahui bagaimana cara mudah agar tetap terlindungi dari sinar matahari ini terutama pada bagian rambut anda.

Berikut ini beberapa hal yang harus anda ketahui dan anda lakukan dalam menjalani tips merawat rambut kering.

Pada saat membersihkan rambut atau mencuci rambut atau keramas, gunakanlah shampoo yang tidak mengandung bahan kimia seperti detergent. Gunakan shampoo yang berbahan alami atau herbal untuk anda gunakan sebagai pembersih rambut anda ketika keramas. Sebelum keramas ada baiknya nada memberikan krim yang sarat dengan vitamin yang dibutuhkan oleh rambut, pemberian krim vitamin bertujuan agar dapat memberikan kelembaban pada rambut. Selain dapat melembabkan pemberian krim vitamin ini juga bertujuan agar  rambut tetap lembut dan memperbaiki kerusakan pada rambut anda. Diamkan beberapa saat sebelum anda keramas setelah itu baru anda bilas. Gunakanlah conditioner terpisah, dengan penggunaan conditioner terpisah dari shampoo tentunya agar conditioner tersebut berfungsi sempurna untuk menutrisi dan memperbaiki rambut anda. Pilihlah conditioner yang mengandung vitamin A dan E, kedua jenis vitamin ini yang paling dibutuhkan oleh rambut anda untuk mengatasi rambut kering.

Tips rambut kering berikutnya yaitu dengan memberikan hair tonik pada rambut anda, pemberian hair tonik ini bertujuan untuk mengembalikan kondisi rambut anda yang rusak sekaligus dapat memberikan kelembaban pada rambut anda serta menghaluskan kembali rambut kering anda. Selain dapat menggunakan hair tonik yang terjual bebas dipasaran anda juga dapat membuat hair tonik melalui bahan alami yang didapat dari buah ataupun sayuran untuk memberikan nutrisi bagi rambut anda.

Demikianlah tips sederhana untuk anda lakukan dalam merawat rambut kering anda agar menjadi sehat dan lembut kembali dan terhindar dari masalah rambut selama ini yang mengganggu penampilan anda. Dengan memperhatikan perawatan rambut tentunya anda akan terhindar dari berbagai macam masalah rambut yang mengakibatkan rambut menjadi rusak. Semoga dapat bermanfaat dan semoga rambut indah menawan anda dapatkan dalam waktu yang singkat.

 

Most Reading