Cara Mengurangi Minyak Pada Rambut


Cara mengurangi minyak pada rambut dengan bahan-bahan yang mudah didapat, cara mengurangi minyak berlebih pada rambut sebagai bentuk perawatan terhadap rambut dalam mengatasi masalah rambut berminyak. Masalah rambut berminyak tentunya dapat mengakibatkan rambut terlihat lepek dan terlihat lusuh. Disamping itu pula dengan kondisi minyak berlebih pada rambut dapat mengakibatkan debu maupun kotoran dengan mudahnya menempel pada rambut yang bisa saja memicu ketombe.

Permasalahan rambut berminyak diakibatkan karena tubuh memproduksi minyak terlalu berlebihan dalam memberikan kelembaban alami. Faktor yang mempengaruhi tubuh memproduksi minyak secara berlebihan ini bisa diakarenakan pola hidup yang kurang sehat, mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang menimbulkan minyak, stress yang tinggi bahkan rambut yang berminyak bisa disebabkan karena terjadinya gangguan pada sel kulit kepala.

Minyak yang terdapat pada kepala yang pada dasarnya berfungsi sebagai pelembab alami ini jika pada kulit kepala terjadi gangguan tentunya akan menyebabkan sebum yang tidak normal pada kulit kepala. Sebum merupakan suatu bentuk dari conditioner alami yang dihasilkan oleh tubuh dalam menjaga rambut tetap kuat dan nampak berkilau.

Untuk mengatasi minyak berlebih pada rambut berikut ini cara mengurangi minyak pada rambut yang dapat anda lakukan dalam merawat rambut harian dirumah dengan mudah.

Gunakanlah Shampo dan conditioner yang dikhususkan bagi rambut berminyak. Gunakanlah shampo dan conditioner terpisah pada rambut anda, disaat keramas menggunakan shampo sebaiknya ditujukan pada bagian kulit kepala saja dan disaat menggunakan conditioner sebaiknya anda menghindari bagian kulit kepala cukup kenakan conditioner pada bagian ujung rambut.

Gunakan baking soda yang dicampurkan pada shampo anda pada sata keramas, penggunaan baking soda yang dilakukan 2 kali dalam sebulan ini mampu mengurangi minyak berlebih pada rambut secara bertahap. 

Cegah dan tanggulangi Stres dengan baik, stres merupakan salah satu penyebab tidak normalnya tubuh memproduksi minyak. Tingkat stres yang cukup tinggi akan dengan mudahnya kulit kepala memproduksi minyak menjadi berlebihan. Tanggulangi stres sebaik-baiknya, lakukanlah olahraga teratur atau anda dapat melakukan tehnik yoga dalam mengatasi stress anda.

Bedak, bedak dapat digunakan sebagai cara mengatasi minyak berlebih yang terdapat pada kulit kepala dan rambut anda. Menggunakan bedak tabur bayi yang ditaburkan pada kulit kepala dapat mengatasi minyak berlebih yang merupakan cara cepat dalam mengatasi minyak berlebih pada rambut. Setelah menaburi kulit kepala dengan bedak bayi kemudian anda dapat meratakannya hingga ujung rambut dengan menggunakan sisir. Yang perlu diperhatikan disini dalam mengurangi minyak pada rambut dengan menggunakan bedak adalah anda harus rajin mencuci rambut  untuk mencegah terjadinya penumpukan bedak pada kulit kepala. Menumpuknya bedak yang bercampur dengan minyak maupun keringat di kulit kepala tentunya akan mudah menjadikannya ketombe.

Berikanlah nutrisi tambahan bagi rambut anda dengan menggunakan bahan alami untuk mengatasi kelebihan minyak pada rambut dan kulit kepala anda. Anda dapat mengurangi minyak pada rambut dengan menggunakan jeruk nipis atau perasan dari jeruk lemon pada bagian kulit kepala dan rambut anda. Cara ini tergolong cukup ampuh dalam mengatasi minyak berlebih pada rambut anda.

Perhatikan kandungan bahan pada shampo yang digunakan disaat keramas, kandungan seperti sulfat pada shampo dapat mengurangi minyak berlebih pada rambut dan kulit kepala anda. Walaupun sudah sedikit sekali produsen dari shampoo yang masih menggunakan bahan sulfat ini namun ternyata kegunaan dari sulfat tersebut dapat membersihkan rambut dan menghilangkan minyak berlebih pada rambut namun tetap menjaga kelembaban alami bagi rambut itu sendiri.

 

Most Reading